Terkadang para ilmuwan yang mempelajari perilaku hewan berhasil memecahkan sejumlah teka-teki dan lain kali mereka menemukan hal baru lagi. Perang antara burung mockingbird dan burung cowbird adalah salah satu kasusnya.

Burung cowbird adalah pengeram parasit, yang berarti mereka bertelur di sarang spesies burung lainnya, kemudian meletakkan telurnya dan menuntut penetasan anaknya. Mereka juga mematuk telur burung tuan rumah hingga berlubang, menghancurkan sebanyak yang mereka bisa.

Burung mockingbird adalah target favorit dari rencana ini, dan tampaknya masuk akal bagi mockingbird untuk dengan kejam menyerang cowbird ketika mockingbird memergoki cowbird di sarang mereka.

Tapi ketika Ros Gloag, yang juga mahasiswa program doktoral di Oxford, dan rekan-rekannya di Argentina melihat lebih dekat pada perang antara mockingbird alis-kapur dan cowbird mengkilap, mereka menemukan sesuatu yang tidak terduga, seperti yang mereka laporkan dalam edisi November Animal Behaviour.

Mereka menempatkan kamera video kecil didekat sarang dari 40 pasang mockingbird alis-kapur. Selama dua musim perkembangbiakan mereka merekam lebih dari 200 serangan terhadap cowbird pengganggu.

Mereka terkejut menemukan bahwa serangan ini, yang ditunjukkan cukup kejam dalam video mereka, tidak menghentikan cowbird untuk bertelur. Burung cowbird akan berjongkok dan membiarkan mockingbird besar memberikan banyak pukulan palu godam ke kepalanya, namun dalam hitungan detik mereka akan meletakkan telur dan melarikan diri.

Bagaimana strategi tersebut gagal bertahan dalam evolusi?

Jawabannya, menurut Dr Gloag, yang juga seorang peneliti postdoctoral di Universitas Nasional Australia, adalah bahwa serangan itu tidak mencegah cowbird dari melaksanakan opsi kedua dari rencana mereka, menghancurkan telur mockingbird yang sudah ada dalam sarang.

Jadi mockingbird berhasil menyelamatkan beberapa keturunan mereka. Mereka masih tetap pada akhirnya membesarkan bayi burung cowbird tak diundang. Tapi, kata Dr Gloag, setelah telur menetas, anak burung mockingbird besar bersaing sangat baik dengan cowbird kecil.

sumber


0 komentar:

Post a Comment

 
Top