Sebuah printer dot matrix atau dampak matriks printer adalah jenis printer komputer dengan print head yang berjalan bolak-balik, atau di atas dan gerakan ke bawah, di halaman dan mencetak dengan dampak, menyerang sebuah kain basah tinta-pita melawan kertas , sama seperti mekanisme cetak pada mesin ketik. Namun, tidak seperti mesin tik atau printer daisy wheel, surat ditarik keluar dari dot matrik, dan dengan demikian, font bervariasi dan grafis sewenang-wenang dapat dihasilkan. Karena mencetak melibatkan tekanan mekanik, printer ini dapat membuat salinan karbon dan salinan karbon.

           Setiap titik yang dihasilkan oleh batang logam kecil, juga disebut kawat "" atau "pin", yang didorong ke depan oleh kekuatan suatu elektromagnet kecil atau solenoida, baik secara langsung atau melalui tuas kecil (pawls). Menghadapi pita dan kertas adalah panduan piring kecil (biasanya terbuat dari permata buatan seperti sapphire atau ruby) ditusuk dengan lubang untuk melayani sebagai pemandu bagi pin. Bagian bergerak dari printer disebut print head, dan saat menjalankan printer sebagai perangkat teks generik umumnya mencetak satu baris teks pada suatu waktu. Sebagian besar printer dot matrix memiliki garis vertikal tunggal dot pembuatan peralatan cetak di atas kepala mereka, yang lainnya memiliki beberapa baris disisipkan dalam rangka meningkatkan kerapatan dot.

Mesin ini dapat sangat tahan lama. Ketika mereka melakukan aus, biasanya karena tinta menyerang pelat cetak panduan kepala, menyebabkan grit untuk mematuhi itu; grit ini perlahan-lahan menyebabkan saluran dalam piring panduan untuk memakai dari lingkaran ke oval atau slot, menyediakan kurang dan kurang akurat bimbingan ke kabel pencetakan. Akhirnya, bahkan dengan blok pawls tungsten dan titanium, mencetak menjadi terlalu jelas untuk membaca.

Meskipun hampir semua inkjet, panas, dan printer laser mencetak titik-spasi dekat daripada garis kontinu atau karakter, tidak adat untuk memanggil mereka dot matrix printer.
Masa Dot Matrix Printers
Atas gambar: Inmac tinta kartrid pita dengan tinta hitam untuk printer Dot matriks
gambar Lower: tinta dan pita panjang dilipat pemerasan dalam kartrid, zoom di bagian dalam, tarik pita dalam mekanisme dan pita.

The LA30 adalah 30 karakter / detik printer dot matrix, diperkenalkan pada 1970 oleh Digital Equipment Corporation Maynard, Massachusetts. Hal ini dicetak 80 kolom huruf besar hanya 5x7 dot matrix karakter di kertas berukuran unik. printhead ini digerakkan oleh motor stepper dan kertas itu diajukan oleh ratchet drive agak-tidak dapat diandalkan dan pasti berisik solenoida. The LA30 tersedia dengan kedua antarmuka paralel dan antarmuka serial, namun yang diperlukan LA30 serial penggunaan mengisi karakter selama operasi kereta-kembali.

The LA30 diikuti pada 1974 oleh LA36, yang mencapai sukses komersial yang jauh lebih besar, menjadi untuk waktu standar dot matrix terminal komputer. The LA36 menggunakan cetak sama kepala sebagai LA30 tapi bisa mencetak pada lebar bentuk apapun sampai dengan 132 kolom dari campuran-kasus di atas kertas fanfold output standar bar hijau. kereta itu digerakkan oleh servo drive jauh-lebih-mampu menggunakan motor dc dan optik encoder / tachometer. Makalah ini digerakkan oleh motor stepper. The LA36 hanya tersedia dengan interface serial tapi tidak seperti LA30 sebelumnya, tidak ada karakter mengisi diminta. Hal ini dimungkinkan karena, sementara printer pernah dikomunikasikan pada lebih cepat dari 30 karakter per detik, mekanisme itu sebenarnya mampu mencetak di 60 karakter per detik. Selama periode carriage return, karakter adalah buffer untuk pencetakan berikutnya dengan kecepatan penuh selama masa catch-up. Dengungan dua nada yang diproduksi oleh 60 mencetak mengejar karakter-per-detik yang diikuti oleh 30 mencetak karakter biasa-per-detik merupakan ciri khas dari LA36.

Digital kemudian memperluas garis LA36 dasar ke berbagai macam printer dot matrix termasuk:

* LA180 - 180 c / s line printer
* LS120 - 120 c / s terminal
* LA120 - 180 c / s terminal maju
* LA34 - Biaya-reduced terminal
* LA38 - Sebuah LA34 dengan lebih banyak fitur
* LA12 - Terminal portabel

Pada tahun 1970, Centronics (kemudian dari Hudson, New Hampshire) memperkenalkan printer dot matrik, yang Centronics 101. Pencarian untuk sebuah mekanisme yang dapat diandalkan menyebabkan printer untuk mengembangkan hubungan dengan Brother Industries, Ltd Jepang, dan penjualan Centronics-badged Mekanisme Brother printer yang dilengkapi dengan kepala mencetak Centronics dan elektronik Centronics. Tidak seperti digital, Centronics berkonsentrasi pada pasar low-end line printer dengan unit khas mereka. Dalam proses tersebut, mereka merancang antarmuka listrik paralel yang menjadi standar pada kebanyakan printer dot matrix (bahkan, sebagian besar printer pada umumnya) sampai mulai diganti oleh Universal Serial Bus (USB) di akhir 1990-an.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top