Inkjet printer adalah jenis printer komputer yang mereproduksi gambar digital dengan mendorong tetesan berukuran variabel-bahan cair (tinta) ke halaman. Inkjet printer adalah jenis yang paling umum dari printer dan mulai dari kecil model konsumen profesional murah untuk mesin yang sangat besar dan mahal.

Konsep pencetakan inkjet tanggal kembali ke abad ke-19 dan teknologi yang pertama kali dikembangkan pada awal 1950-an. Dimulai di tahun 1970-an printer inkjet akhir yang dapat mereproduksi gambar digital yang dihasilkan oleh komputer tersebut dikembangkan, terutama oleh Epson, Hewlett-Packard dan Canon. Di pasar konsumen di seluruh dunia, empat produsen account untuk sebagian besar printer inkjet penjualan: Canon, Hewlett-Packard, Epson, dan Lexmark .

The ink jet pasar bahan muncul deposisi juga menggunakan teknologi ink jet, biasanya kristal piezoelektrik, menyimpan barang secara langsung pada substrat.

Teknologi

Ada dua teknologi utama yang digunakan dalam printer inkjet kontemporer: kontinyu (CIJ) dan Drop-on-Demand (DOD). Drop-on-demand adalah lebih lanjut dibagi menjadi DOD termal dan DOD piezoelektrik.
Continuous inkjet

Metode inkjet kontinyu digunakan secara komersial untuk menandai dan pengkodean produk dan paket. Ide ini pertama kali dipatenkan pada tahun 1867, oleh Lord Kelvin dan perangkat komersial pertama (perekam medis strip grafik) diperkenalkan pada tahun 1951 oleh Siemens. [3]

Dalam teknologi inkjet terus menerus, pompa bertekanan tinggi mengarahkan tinta cair dari reservoir melalui gunbody dan nozzle mikroskopik, membuat aliran terus-menerus melalui tetesan tinta ketidakstabilan Plateau-Rayleigh. Sebuah kristal piezoelektrik menciptakan gelombang akustik seperti dalam gunbody bergetar dan menyebabkan aliran cair untuk memecah menjadi titik-titik secara berkala - untuk 165.000 64.000 tetesan per detik dapat dicapai. Tetesan tinta yang dikenakan ke medan elektrostatik yang dibuat oleh elektrode pengisian formulir mereka; lapangan bervariasi menurut tingkat drop defleksi yang diinginkan. Hal ini menghasilkan muatan, dikontrol variabel elektrostatik pada setiap tetesan. Dibebankan tetesan dipisahkan oleh satu atau lebih bermuatan "tetesan penjaga" untuk meminimalkan tolakan elektrostatik di antara tetesan tetangga.

Tetesan dibebankan melewati sebuah medan elektrostatik dan diarahkan (dibelokkan) oleh lendutan pelat elektrostatik untuk mencetak pada bahan reseptor (substrat), atau diizinkan untuk melanjutkan undeflected ke selokan koleksi untuk digunakan kembali. Tetesan lebih tinggi dibebankan adalah menangkis ke tingkat yang lebih besar. Hanya sebagian kecil dari tetesan digunakan untuk mencetak, mayoritas yang didaur ulang.

ink jet terus-menerus adalah salah satu teknologi tinta jet tertua digunakan dan cukup matang. Keunggulan utama adalah kecepatan sangat tinggi (~ 50 m / s) dari tetesan tinta, yang memungkinkan untuk jarak yang relatif lama antara kepala cetak dan substrat, dan frekuensi drop ejeksi sangat tinggi, yang memungkinkan untuk mencetak kecepatan yang sangat tinggi. Keuntungan lainnya adalah kebebasan dari penyumbatan nosel sebagai jet selalu digunakan, sehingga memungkinkan pelarut yang mudah menguap seperti keton dan alkohol untuk dipekerjakan, tinta memberikan kemampuan untuk "menggigit" ke dalam substrat dan kering dengan cepat.

Sistem tinta memerlukan peraturan pelarut aktif untuk melawan penguapan pelarut selama waktu penerbangan (waktu antara ejeksi nozzle dan daur ulang selokan) dan dari proses ventilasi udara dimana yang ditarik ke dalam selokan bersama dengan tetesan yang tidak terpakai dibuang dari reservoir. Viskositas dimonitor dan pelarut (atau pelarut campuran) ditambahkan untuk mengatasi hilangnya pelarut.
 Thermal / inkjet DOD termal

Sebagian besar konsumen printer inkjet, dari perusahaan, termasuk Canon, Hewlett-Packard, dan Lexmark (tetapi tidak Epson), kartrid cetak digunakan dengan serangkaian kamar kecil masing-masing berisi pemanas, yang semuanya dibangun oleh fotolitografi. Untuk mengeluarkan suatu tetesan dari masing-masing kamar, sebuah pulsa arus melewati elemen pemanas menyebabkan penguapan cepat dari tinta di ruangan itu untuk membentuk suatu gelembung, yang menyebabkan peningkatan tekanan besar, mendorong suatu tetesan tinta ke kertas (maka nama dagang dari Canon Bubble Jet untuk teknologi). Ketegangan permukaan tinta dan juga kondensasi dan dengan demikian kontraksi gelembung uap, menarik biaya lebih lanjut dari tinta ke dalam ruangan melalui saluran sempit terpasang ke reservoir tinta.

Tinta yang digunakan biasanya air berbasis (air) dan menggunakan salah satu atau bahan celup pigmen sebagai pewarna tersebut. Tinta yang digunakan harus memiliki komponen volatile untuk membentuk gelembung uap, pengusiran dinyatakan tetesan tidak dapat terjadi. Seperti ada materi khusus dibutuhkan, print head umumnya lebih murah untuk menghasilkan daripada di lain teknologi inkjet lainnya. Prinsip inkjet termal ditemukan oleh insinyur Canon Endo Ichiro pada bulan Agustus 1977.

Thermal printer inkjet yang tidak sama dengan printer thermal, yang menghasilkan gambar dengan memanaskan kertas thermal, seperti terlihat pada mesin fax tua, register kas, ATM penerimaan printer, dan printer tiket lotre.
piezoelectric / inkjet piezoelectric DOD

Sebagian besar printer inkjet komersial dan industri dan konsumen beberapa printer (yang diproduksi oleh Epson) menggunakan bahan piezoelektrik di sebuah kamar diisi tinta-balik setiap nozel, bukan elemen pemanas. Ketika tegangan diberikan, piezoelektrik perubahan bentuk materi, yang menghasilkan sebuah pulsa tekanan dalam cairan memaksa tetesan tinta dari mulut. Piezoelectric (juga disebut Piezo) inkjet memungkinkan berbagai tinta lebih luas daripada inkjet termal karena tidak ada persyaratan untuk komponen yang mudah menguap, dan tidak ada masalah dengan kogation, tapi kepala cetak lebih mahal untuk memproduksi akibat penggunaan bahan piezoelectric spesialis (biasanya substrate, timbal zirkonium titanat). Piezo inkjet teknologi sering digunakan pada lini produksi untuk menandai produk - misalnya digunakan sebelum tanggal yang sering digunakan untuk produk dengan teknik ini, dalam aplikasi ini kepala adalah diam dan produk bergerak masa lalu. Persyaratan aplikasi ini adalah layanan kehidupan panjang, sebuah kesenjangan yang cukup besar antara kepala cetak dan substrat, dan biaya operasi yang rendah. Ada drop-on-demand proses, dengan perangkat lunak yang mengarahkan kepala untuk menerapkan antara nol sampai delapan tetesan tinta per dot dan hanya jika diperlukan. Pada Juni 2009, cut-sheet inkjet printer tercepat di pasar adalah ComColor RISO 9050, yang cetak USLetter 146 dan 150 halaman A4 penuh warna per menit di kedua mode pencetakan satu sisi dan dua sisi.
Tinta Inkjet

Masalah dasar dengan tinta inkjet adalah persyaratan yang bertentangan untuk pewarna yang akan tinggal di permukaan dan dispersement cepat cairan pembawa.

printer inkjet Desktop, seperti yang digunakan di kantor atau di rumah, cenderung menggunakan tinta air berdasarkan campuran air, glycol dan pewarna atau pigmen. Tinta ini murah untuk memproduksi, tetapi sulit untuk kontrol pada permukaan media, sering membutuhkan kategori khusus berlapis. tinta HP berisi tersulfonasi cat hitam polyazo (biasa digunakan untuk mati kulit), nitrat dan senyawa lainnya. tinta berair terutama digunakan di printer inkjet dengan kepala panas, sebagai kepala ini membutuhkan air untuk melaksanakan.

Sementara tinta air sering menyediakan keseluruhan warna luas dan paling jelas warna, sebagian besar tidak tahan air tanpa pelapisan atau laminasi khusus setelah pencetakan. tinta Dye berbasis Kebanyakan, sedangkan biasanya paling mahal, tergantung dari cepat memudar ketika terkena cahaya. Pigmen tinta berbasis air biasanya lebih mahal tetapi memberikan daya tahan jangka panjang jauh lebih baik dan perlawanan ultraviolet. Tinta dipasarkan sebagai "Arsip Kualitas" biasanya pigmen berbasis.

Beberapa printer format lebar profesional menggunakan tinta berair, tapi mayoritas dalam penggunaan profesional saat ini banyak menggunakan berbagai luas tinta, sebagian besar yang membutuhkan kepala piezo inkjet dan pemeliharaan ekstensif:

* Tinta Pelarut: bahan utama tinta ini adalah senyawa organik yang mudah menguap (VOCs), senyawa kimia organik yang memiliki tekanan uap yang tinggi. Warna dicapai menggunakan pigmen pewarna bukan untuk ketahanan yang sangat baik-memudar. Keuntungan utama dari tinta pelarut adalah bahwa mereka relatif murah dan memungkinkan pencetakan pada fleksibel, substrat dilapisi vinyl, yang digunakan untuk menghasilkan grafik kendaraan, billboard, spanduk dan decals perekat. Kerugian meliputi uap yang dihasilkan oleh pelarut dan kebutuhan untuk buang digunakan pelarut. Tidak seperti kebanyakan air tinta, cetakan dibuat dengan menggunakan tinta berbasis pelarut umumnya tahan air dan ultraviolet-tahan (untuk penggunaan di luar) tanpa khusus di-coating. Cetak printer kecepatan tinggi pelarut banyak tuntutan peralatan khusus pengeringan, biasanya kombinasi pemanas dan blower. substrat biasanya dipanaskan segera sebelum dan setelah mencetak kepala tinta berlaku. Pelarut tinta dibagi menjadi dua sub-kategori:
o Hard pelarut tinta menawarkan daya tahan tanpa terbesar khusus di-coating tetapi memerlukan ventilasi khusus dari area pencetakan untuk menghindari paparan asap berbahaya.
o Mild atau "Eco" tinta pelarut, sementara masih tidak seaman tinta air, dimaksudkan untuk digunakan di ruang tertutup tanpa ventilasi khusus area pencetakan. tinta Mild pelarut telah cepat mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir sebagai warna kualitas dan daya tahan telah meningkat sedangkan biaya tinta telah menurun secara signifikan.
* UV-disembuhkan tinta: tinta ini terutama terdiri dari monomer acrylic dengan sebuah paket inisiator. Setelah pencetakan, tinta disembuhkan oleh paparan sinar UV-kuat. Keuntungan dari tinta UV-disembuhkan adalah bahwa mereka "kering" begitu mereka disembuhkan, mereka dapat diterapkan ke berbagai substrat tidak dilapisi, dan mereka menghasilkan citra yang sangat kuat. Kerugiannya adalah bahwa mereka mahal, membutuhkan modul menyembuhkan mahal di printer, dan tinta disembuhkan memiliki volume yang signifikan dan memberikan sedikit lega di permukaan. Meskipun perbaikan sedang dilakukan di bidang teknologi, tinta UV-disembuhkan, karena volume mereka, yang agak rentan terhadap retak jika diterapkan pada substrat fleksibel. Dengan demikian, mereka sering digunakan dalam besar "flatbed" printer, yang mencetak langsung ke substrat kaku seperti plastik, kayu atau aluminium mana fleksibilitas tidak perhatian.


Properties UV Ink dapat disembuhkan dan Fungsi:
• Photoinitiators: menyerap energi UV dari sumber cahaya pada print head. terjadi reaksi kimia yang mengubah tinta cair ke dalam sebuah film yang solid.
• Monomer: Digunakan sebagai pelarut karena kemampuan mereka untuk mengurangi viskositas (tebal) dan mengkombinasikan dengan komponen tinta lainnya. 100% padatan persen dan tidak melepaskan VOCs (senyawa organik yang mudah menguap). Monomer juga menambahkan peningkatan kekerasan film dan sifat resistensi.
• oligomers: Menentukan sifat akhir dari film tinta disembuhkan, termasuk elastis, karakteristik kinerja outdoor dan ketahanan kimia.
• pewarna: Dapat dye-based atau berbasis pigmen. Biasanya, pigmen berbasis karena luntur cahaya yang lebih besar dan durabilitas pigmen dibandingkan dengan pewarna. Pigmen digunakan dalam iklan outdoor dan menampilkan aplikasi memiliki kebutuhan yang sama dengan yang digunakan dalam cat otomotif. Akibatnya, ada beberapa crossover digunakan. Sementara pigmen yang dipilih berdasarkan aplikasi yang diperlukan, kontrol ukuran dan pengurangan bersama dengan teknik dispersi merupakan komponen utama dari formulasi tinta.

UV Tinta Percetakan Proses:

1. Ink terkena radiasi UV dimana reaksi kimia terjadi di mana foto-pemrakarsa menyebabkan komponen tinta untuk cross-link ke dalam solid.
2. Biasanya lampu merkuri-uap tertutup adalah di kedua sisi kepala cetak, dan menghasilkan sejumlah besar panas untuk menyelesaikan proses curing (lampu ini digunakan untuk tinta UV radikal bebas, yang merupakan apa yang sebagian besar menggunakan sistem flatbed inkjet) .
3. tinta UV tidak menguap, melainkan menyembuhkan atau ditetapkan sebagai hasil dari reaksi kimia.
4. Tidak ada bahan diuapkan atau dihapus, yang berarti sekitar 100% dari volume dikirim digunakan untuk memberikan warna.
5. Reaksi ini terjadi sangat cepat, yang menyebabkan pengeringan cepat yang menghasilkan grafik yang benar-benar sembuh dalam hitungan detik. Hal ini juga memungkinkan untuk proses cetak sangat cepat.
6. Sebagai akibat dari reaksi kimia tidak instan pelarut menembus substrat setelah datang dari printer, yang memungkinkan untuk kualitas cetak tinggi.

* Tinta Dye sublimasi: ini mengandung zat warna tinta sublimasi khusus dan digunakan untuk mencetak secara langsung maupun tidak langsung pada kain yang terdiri dari persentase yang tinggi dari serat polyester. Langkah pemanasan, sehingga zat warna untuk menghaluskan ke dalam serat dan menciptakan sebuah gambar dengan warna yang kuat dan daya tahan yang baik.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top