(foto: Xiaomi)LAS VEGAS - Bukan hal baru lagi kalau ponsel pintar kini sudah bisa didapatkan oleh banyak orang dengan harga yang terjangkau. Berbagai perusahaan produsen ponsel di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk menjual smartphone semurah mungkin, Xiaomi adalah salah satunya.

Produsen ponsel asal China itu mengatakan akan membuat perangkat ponsel pintar dengan harga sangat murah, yaitu USD50 atau sekira Rp609 ribu (kurs Rp12.192 per USD). Selain itu, Xiaomi juga menargetkan menjual perangkat ponsel pintar sebanyak 40 juta unit pada 2014.

Berdasarkan catatan penjualan ponsel besutan Xiaomi beberapa tahun belakangan, perusahaan asal China tersebut memang mampu menjual puluhan juta unit smartphone dari tahun ke tahun. Bermula dari 2012, perusahaan produsen ponsel Hongmi ini mampu menjual tujuh juta unit smartphone dengan keuntungan lebih dari USD2 miliar. Sedangkan pada 2013, Xiaomi meningkatkan jumlah penjualannya jadi 19 juta unit smartphone, dan pada tahun ini menargetkan total penjualan sebanyak 40 juta unit.

Kunci dari banjirnya penjualan smartphone pabrikan Xiaomi ini adalah perangkat berspesifikasi tinggi yang dibanderol dengan harga murah. Berdasarkan keterangan dari Hugo Barra, petinggi Xiaomi yang juga mantan karyawan Google Android, Xiaomi akan memperluas pasar hingga ke negara-negara Asia Tenggara. "Saya mencoba mencari pasar yang lebih luas dan menggaetnya dengan cepat," kata Barra seperti dilansir CNet, Jumat (10/1/2014).

Xiamoi bukanlah perusahaan satu-satunya yang membanderol smartphone dengan harga murah. Perusahaan dunia lain seperti Nokia, Motorola, dan HTC juga menjual perangkatnya dengan harga miring. Tapi tetap tak lebih murah dari perangkat pabrikan Xiaomi.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top