Barusan gw coba install virtual box. enak jg sih, awalnya gw pake RAM cuma 256 MB di linux berasa beraaaaaaaaaaaattt banget. tapi setelah gw upgrade ke 512 MB. wuih cepetnya maknyozzz..

Sekarang gw mau bagi2 ilmu yg udah gw dapet.
Jadi ceritanya waktu itu gw mau install program Yahoo Messenger kan ada di hardisk windos gw mau gw kopi paste nggak bisa, di drag ‘n drop jg ga bisa. coba menu Devices-Shared folders malah nggak kebuka menu OK nya, padahal tinggal di klik OK [tombolnya gelap, nggak bisa diklik] akhirnya tak bisa jg.
Gw nggak putus asa, gw cari2 artikelnya di blog orang bule, nggak ketemu jg. di webnya VBox jg nggak bisa, eh taunya nemu di forum sendiri tau nggak KASKUS!! di forum linux, gw search aja.

VirtualBox File Sharing. Nih caranya:
maksudnya Host(ubuntu), virtual(windows)..

gw juga kesulitan hubungin FD ke virtual box, jadi pakainya lewat jaringan aja.. caranya (versi gw)
pertama tama, pastikan bridge-utils sudah diinstall di ubuntunya, kalau belum ketik

Code:
sudo apt-get install bridge-utils
kalau udah, ketikan lagi
Code:
sudo brctl addbr virtual
code diatas akan membuat sebuah network baru di ubuntu dengan nama virtual, untuk memastikan network “virtual” sudah terbentuk, ketikan lagi
Code:
sudo ifconfig virtual
kalau sukses akan muncul pesan seperti berikut.
Code:
virtual   Link encap:Ethernet  HWaddr 46:bb:18:0e:0a:8a
          BROADCAST MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:0
          RX bytes:0 (0.0 B)  TX bytes:0 (0.0 B)
kalau udah, tinggal set IPnya,
Code:
#sudo ifconfig virtual down
#sudo ifconfig virtual 192.168.1.1
#sudo ifconfig virtual up
habis ntu cek lagi apakah ipnya dah masuk pake sudo ifconfig virtual
Code:
virtual   Link encap:Ethernet  HWaddr 46:bb:18:0e:0a:8a
          inet addr:192.168.1.1  Bcast:192.168.1.255  Mask:255.255.255.0
          inet6 addr: fe80::44bb:18ff:fe0e:a8a/64 Scope:Link
          UP BROADCAST RUNNING MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
          RX packets:0 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
          TX packets:28 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
          collisions:0 txqueuelen:0
          RX bytes:0 (0.0 B)  TX bytes:4208 (4.2 KB)
kalau udah, buka virtual box, dimenu networking, ubah menjadi “HOST INTERFACE” lalu pilih networknya ke “Virtual”….

Nah, klo udah gitu. kita share file/folder di Linux kita. caranya:
  1. Klik kanan Folder yg mau di share.
  2. Properties
  3. Pilih share
  4. Configure File Sharing
  5. Masukkan password Root – OK
  6. kita klik Add
  7. Cari foldernya
  8. Centangin aja semuanya – OK
  9. Nah, ntar di bagian bawahnya ada tuh Shared Folder. Folder mana aja yg udah kita share, pastikan folder kita ada disitu. Dengan Samba dan NFS udah dicentangin.
  10. OK
Sampe disini, file kita udah di share oleh LAN/Network lain sama kaya di Windos punya. Untuk mencari file kita di VirtualBox langkah2nya adalah:
  1. Buka My Computer
  2. Klik My Network Places
  3. Disitu udah ada nama folder yg udah kita share tadi
  4. Klik foldernya
  5. Selesai!
Begitulah langkah-langkahnya.



sumber : ##@@##

0 komentar:

Post a Comment

 
Top