Tergerak untuk mencobanya di notebook saya, dan ini adalah salah satu Tips Windows dan Tips Komputer  Pada Blog Ini  yaitu Instal Windows 7 lewat Usb Perfect  akhirnya 'kesampaian’ juga untuk menginstalnya. Sudah seminggu lebih saya rasakan dan ternyata jujur saja saya langsung jatuh cinta!. Hah…? Bener aja! Bener deh… saya bukan 'ngiklan’ lho! Sejujurnya saya sreg dengan windows ini, selain tampilannya yang terkini, lebih handy pun performance-nya lebih lumayan dibanding Vista. Jika di Vista anda sering dimelihat 'unter-unter’ di desktop anda yang artinya program not respondingâ nah di Windows ini rasanya saya jarang menemukannya. Mungkin terasa Subjecktif tapi begitulah mungkin kalo orang lagi jatuh cinta. He…he…he… Untuk diketahui masa uji coba ini berlaku sampai Maret 2010. Jadi lumayan lama sampai versi RTM-nya.

Cara Instal Window 7 
Perfect
Nah… mengingat windows 7 masih versi Release Candidate (Versi 6.1 build 7100) dan selangkah lagi masuk ke pasaran (RTM-Release to Market). Rasanya lebih sreg kalo kita buat installernya di USB flash drive, selain bisa diupdate setiap saat, juga lebih cepat dalam penginstalan. Hanya 15 menit! Ini untuk notebook dengan spec. Processor core 2 duo 2.2 GHZ dan RAM 4 GB. Wallohu’alam untuk computer dengan spesifikasi yang lain.

Apa yang perlu disiapkan? Untuk memulainya perlu disiapkan hal berikut :


  1. USB Flash drive (4 GB karena Installer Windows 7 sekitar 2.4 GB)
  2. Windows 7 Installer. Jika belum punya, anda bisa mendownloadnya dulu. Ini yang perlu kesabaran, karena filenya gede. Jika anda berniat mencobanya bisa di dapat di torrent, di Uploadbox  atau dapat juga di Rapidshare.
  3. Dibuat di computer dengan OS Vista atau Windows 7, karena saya belum mencoba di XP.
STEP 1 : Format USB

Langkah berikut merupakan command menggunakan fasilitas diskpart. Perhatian! Format ini akan menghapus seluruh data yang ada di USB anda.
  1. Plug in USB anda.
  2. Buka Command prompt dengan status administrator. Start > All Programs > Accessories > Command Prompt and klik kanan “Run as administrator�
  3. Cari nomor disk USB anda dengan mengetik :
diskpart
List disk
Selanjutnya kita dapatkan nomor disk USB, misalnya disk 1.

     4. Lakukan pemofrmatan pada disk USB anda :
select disk 1
clean
create partition primary
select partition 1
active
format fs=NTFS
assign
exit
Cabut USB anda dan masukan kembali (plug in). Pengalaman menunjukan jika tidak dicabut langkah berikutnya tidak bisa dilakukan, karena windows explorer tidak mendeteksi USB anda.

STEP 2 : Membuat USB anda bootable

Langkah ini bermaksud mengkopi fasilitas bootsect yang ada di Windows 7 Installer pada USB kita.
  1. Masukan CD installer windows 7 anda di CD rom atau dapat juga di mounting jika anda menggunakan CD image. Anda bisa gunakan Ultraiso atau Alcohol 120%.
  2. Ubah direktori dimana CD installer anda berada. Misalnya drive d. Buka command Prompt seperti pada langkah 1 dan ketik :
d:
cd d:\boot
            3. Copy bootsect dari CD rom ke USB. Misalnya USB anda berada di drive g. Ketik:
bootsect /nt60 g:
    4. Jika selesai, exit command prompt anda. Dan USB sudah bisa berfungsi sebagai booting.
Technorati Tags:

STEP 3 : Copy file installasi windows 7 ke USB

Cara termudah adalah dengan menggunakan windows explorer seperti yang biasa kita lakukan. Cukup copy dan paste semua file. USB siap digunakan.
Jika andaingin mencobanya dengan memformat windows anda dari bios (clean installation), pastikan anda mengubah dahulu booting awal anda (booting option) ke USB. Setiap komputer berbeda tombol yang digunakan, biasanya untuk komputer baru, cukup tekan F12 pada saat pertama kali computer anda start up.

Semoga Berhasil Ya....

0 komentar:

Post a Comment

 
Top