Memperpanjang lidahnya para kreator web, tidak salahnya aku coba menyampaikan kembali tentang bagaimana caranya membuat widget "Posting Terbaru dan Komentar Terbaru".Bagi yang sudah tahu caranya, mungkin bisa memberikan koreksi klo-klo saja ada yang ketinggalan. Nah, bagi yang belum .. tentunya sobat-sobat bisa jadikan referensi untuk membuatnya.

Sebelumnya aku sampaikan dulu bahwa ada beberapa cara untuk memasang widget post terbaru atau komentar terbaru. Ada yang coba memasangnya dengan menggunakan javascript, namun dengan cara ini sangat berpotensi sekali memperlambat loading / akses lambat ke blog kita, dan katanya tidak baik untuk search engine ( contohnya seperti punya aku lho ... beurattttt .. ya ). Namun ada pula yang menggunakan cara memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia didalam blog kita yaitu menggunakan feed post untuk post terbaru dan feed comment untuk komentar terbaru. Adapun URL / alamat feed asli milik blogspot untuk post dan komentar terbaru adalah :


  1. URL Post Terbaru : http://julpeack-ajmi.blogspot.com/feeds/posts/default
  2. URL Komentar Terbaru : http://julpeack-ajmi.blogspot.com/feeds/comments/default

Catatan : klo sobat menggunakan cara diatas jangan lupa julpeack-ajmi harus diganti dengan nama blognya sobat.

Berikut aplikasi cara membuatnya :
  1. Masuk ( login ) ke blog dengan akunnya sobat, atau bila sudah berada dihalaman muka, silahkan saja klik kostumisasi, kemudian klik "Tata Letak"
  2. Klik lagi "Tambah Elemen" , lalu klik "Tambahkan Gadget"
  3. Akan muncul window popup untuk kreteria widget yang akan ditambahkan, pilih / klik saja "FEED"
  4. Masukan url feed yang mau dipasang ( URL Post Terbaru / URL Komentar terbaru )

    Photobucket
  5. Setelah sobat masukan URL Feed-nya, silahkan klik tombol "LANJUTKAN"
  6. Akan timbul window popup yang baru, silahkan judulnya diganti dengan "Post Terbaru" atau "Komentar Terbaru" dan pilih jumlah post/komentar yang ingin ditampilkan ( mak. 5 )

    Photobucket

  7. Bila sudah, silahkan "SIMPAN PERUBAHAN"
  8. Langkah terakhir adalah meletakkan elemen feed yang telah disimpan ditempat dimana sobat-sobat suka ( biasanya di sidebar )
  9. Selesai

Perlu sobat ketahui ( yang sudah tahu silahkan tutup mulut .. ya ), bahwa cara diatas memang tidak akan mengganggu proses loading blog ketika pengunjung mengakses blog, tapi kekurangannya adalah, sobat semua, tidak dapat menampilkan jumlah post terbaru / komentar terbaru lebih dari 5 buah, karena dibatasi maksimal 5 buah.

Nah, untuk itu apabila sobat merasa ini kurang srek.., sobat bisa menampilkan komentar terbaru dengan memakai javascript dengan konsekuensi yang ada. Karena dengan menggunakan javascript, sobat lebih "leluasa" untuk menambah atau mengurangi jumlah komentar yang akan ditampilkan.

Berikut caranya :
  • Login ke blogger-nya sobat, atau bila sudah berada dihalaman muka silahkan klik kostumisasi, lalu klik "Tata Letak", lalu klik "Tambah Elemen"
  • Klik "Tambahkan Gadget"
  • Pada window popup yang muncul, silahkan klik ( angka tambah ) pada tulisan HTML / JavaScript
  • Masukan kode javascrip dibawah ini :

    <
    script style="" src="http://kunoichi.info/blogger_buster/comments.js"></script><script style="">var li_rc=true;var a_rc=10;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=100;</script><script src="http://julpeack-ajmi.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>
  • SIMPAN PERUBAHAN
  • SELESAI
Catatan :
  • ganti tulisan script warna merah dengan URL Feed punya-nya sobat
  • a_rc=10, adalah jumlah komentar yang akan ditampilkan
  • o_rc=100, adalah jumlah karakter hurup

0 komentar:

Post a Comment

 
Top